Pengumuman
Home » Profil Inkindo Jawa Barat

Profil Inkindo Jawa Barat

Sejarah

inkindo
IKRAR ANGGOTA INKINDO

Sadar akan rahmat Tuhan // yang telah menganugrahkan kesempatan // pengetahuan dan pemahaman konsultan kepada kami, // sadar akan kepercayaan // dan kedudukan terhormat // yang telah diberikan masyarakat // dan Pemerintah Republik Indonesia kepada kami, // maka dengan ini // kami para konsultan // yang bergabung dalam //Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) // menyatakan ikrar sebagai berikut ://

B a h w a

Kami // para konsultan yang bergabung dalam INKINDO // mengutamakan kejujuran, // keadilan // dan tanggung jawab // yang berlandaskan etika moral // serta nilai-nilai transedental // dan kemanusiaan yang luhur // didalam gerak langkah profesional. //

B a h w a

Kami // para konsultan yang bergabung dalam INKINDO // senantiasa menjunjung tinggi // peraturan-peraturan keorganisasian INKINDO, // mengutamakan azas manfaat keorganisasian INKINDO // untuk kemajuan para konsultan di Indonesia. //

B a h w a

Kami // para konsultan yang bergabung dalam INKINDO // menjunjung tinggi KODE ETIK // dan KETENTUAN KEPROFESIAN INKINDO // yang menjadi landasan bagi hak, // kewajiban // dan tanggung jawab pekerjaan-pekerjaan profesi kami. //

Semoga Tuhan memberi kekuatan // dan kemudahan bagi kami

SUSUNAN DPPL INKINDO JAWA BARAT
Masa Bakti Tahun 2014 – 2018

Dewan Kehormatan Provinsi & Badan Advokasi

 

 

Dewan Pertimbangan Organisasi Provinsi

 

Badan Strategis

 

 

 

Ketua

Sekretaris

Wakil Sekretaris I

Wakil Sekretaris II

Wakil Sekretaris III

Bendahara

Wakil Bendahara I

Wakil Bendahara II

Wakil Bendahara III

Wakil Ketua Bidang Hubungan Kelembagaan

Komite Hubungan Pemerintah

Komite Hubungan Antar Lembaga

–  H. Johny Soeprijadi, SH

–  Ir. Warsoadhi Dhonomidjoyo, IAI

–  Ir. H. Djumawan Idik, MS

–  Ir. Doddy Achmad Firdaus

–  Drs. PE. Indrato, M.Si

–  Ir. H. Anil Muzachir, MBA, M.Sc

–  Ir. H. Ahmad Affandi, IAI

–  Ir. Husen Salman

 

Ir. Andrian Tejakusuma

Ir. H. Ugan Djuanda, MT

–  Ir. Achmad Noor Syailendra, MM

–  Luthfi Djatnika, SE

–  Ir. Pupu Fuad Lutfi

Ir. Hj. Metty Triantika, MM

–  Ir. Roddy Tinggogoy, MM

–  Bianty Pritia Chamizah, S.Psi

–  Yayan Rudiwan, SP, MT

Ir. Subagya, MT

–  Suhartono, MBA

–  Ir. Didik Harjogi, MT

Wakil Ketua Bidang Kepranataan

Komite Kepranataan Internal

Komite Kepranataan Eksternal

 

Wakil Ketua Bidang Organisasi

Komite Keanggotaan

Komite Kerjasama Inkindo

Komite Perwakilan Organisasi

 

Wakil Ketua Bidang Data Dan Informasi

Komite Data & Arsip

Komite Informasi & Humas

 

Wakil Ketua Bidang Jasa Konsultansi Konstruksi

Komite Arsitektur

Komite Sipil

Komite Mekanikal & Elektrikal

Komite Tata Lingkungan

Komite Jasa Survey

Komite Manajemen Kontruksi & Pengawasan

 

Wakil Ketua Bidang Jasa Konsultansi Non Konstruksi

Komite Pengembangan Pertanian Dan Pedesaan

Komite Transportasi dan Kepariwisataan

Komite Telematika

Komite Perindustrian dan Perdagangan

Komite Pertambangan & Energi

Komite Rekayasa Industri

Komite Keuangan

Komite Pendidikan

Komite Kesehatan & Sosial Kependudukan

 

Wakil Ketua Bidang Pengkajian Dan Pelatihan

Komite Pengkajian

Komite Pelatihan

 

Wakil Ketua Bidang Pengembangan dan Penguatan Usaha

Komite Usaha Kecil

Komite Usaha Menengah Dan Besar

Ir. Wendi Wardani, MM

–  Ir. H. Sonny Novansyah

–  Ir. Wahjuadhi Sulistyarso, SE., Msc

 

Ir. M. Denny Fardhan, M. Eng

–  Reza Achmed Nurtjahja, ST, MUD, MURP

–  Andi Herlambang

–  Ir. H. Yeye Nitasusiano, IAI

 

Sun’an Farisy, ST., MM

–  Indra Widyakarya, S.Sos., S.Hut

–  Dita Citra Utami, SH

 

Ir. Zulkifli Halim

–  Ir. Y. Basuki Dwisusanto, M.Sc

–  Agus Subekti, ST

–  Ir. Widjaja Wreksoatmodjo

–  Ir. Tamrin

–  Brio Wilkobeta Ramayuda, ST

–  Ir. H. Herryan Kendra Kaharudin, MT

 

Bagus Wicaksono, ST., MT

–  Ir. Sujana, MP

–  Ir. S. Slamet Riyadi

–  Kukuh Andhi Sisworo, ST., MT

–  Ir. Satria Wicaksana

–  Febri, ST

–  Ir. Andri Singarimbun, MM

–  Ahmad Ghozali, SEDR.

–  Budi Supriatono Purnomo SE., MM., M.Si

–  Ir. Nelita Muchtar

 

Ir. Erry Riyadi

–  Ir. Arianto Murti D.

–  Selly Sholeha, SE

 

Ir. H. Ahmad Idjaz, MBA

–  Ir. Sumardi

–  Ir. Alex Syah Fauzi

PROGRAM KERJA

WAKIL KETUA I BIDANG KERJASAMA

Program Kerja Bidang Kerjasama.

  • Penanggungjawab hubungan kerjasama pemerintah, lembaga non pemerintah,internal Inkindo, humas publikasi
  • Penanggungjawab kegiatan pada bidang kerjasama.
  • Penanggungjawab pada pengembangan usaha pada relasi hubungan kerjasama.

Komite Kerjasama Pemerintah.

  • Melakukan hubungan/jalinan yang erat dengan pemerintah baik pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota.
  • Melakukan mitra dengan pemerintah sehubungan dengan pengembangan usaha dan layanan Inkindo.
  • Memberikan advice kepada pemerintah sehubungan dengan pengembangan usaha dan penyediaan jasa konsultansi.
  • Mengupayakan citra Inkindo di pemerintah.

Komite Hubungan Kerjasama Antar Lembaga.

  • Meningkatkan hubungan kerjasama keprofesian dengan asosiasi-asosiasi profesi.
  • Menggalang komunikasi dengan Inkindo provinsi seluruh Indonesia.
  • Melakukan komunikasi dengan yang intens dengan LPJK.
  • Menjalin kerjasama dengan organisasi-organisasi yang lain.
  • Membangun kerjasama dengan kalangan industry.

WAKIL KETUA II BIDANG KEPRANATAAN

Rencana kerja Wakil Ketua Bidang Kepranataan adalah merupakan kerangka kegiatan atau tugas yang direncanakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Organisasi INKINDO (khususnya di dalam koordinasi dan tugas yang diamanatkan) baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang, serta merupakan landasan bagi seluruh pengurus dalam menata kegiatan demi tercapainya tujuan organisasi INKINDO.

Dalam operasional jalannya organisasi, Wakil Ketua Bidang Kepranataan melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya bersama-sama dengan 2 Koordinator Pelaksana Yaitu:

  • Koordinator Pelaksana Bidang Kepranataan Internal
  • Koordinator Pelaksanan Bidang Kepranataan Eksternal

Dalam periode kepengurusan 2014-2018, Wakil Ketua II Bidang Kepranataan (Internal & eksternal) merencanakan program kerja sebagaimana diuraikan di bawah ini:

  1. Sosialisasi kepranataan Internal & eksternal jasa konsultansi
  2. Meningkatkan pengetahuan para pengurus dan kesekretariatan INKINDO dibidang kepranataan melalui penataran/konsultasi, secara periodic dan berkesinambungan.
  3. Meningkatkan kualitas SDM anggota INKINDO dibidang kepranataan melalui penyelenggaraan pendidikan/pelatihan
  4. Pembuatan Pusat data dan informasi kepranataan terkait jasa konsultansi (konstruksi/non-konstruksi)
  5. Kajian regulasi baru terkait jasa konsultansi (PP, Kepmen, Permen, atau peraturan perudangan konstruksi dan non-konstruksi lainnya)
  6. Sosialisasi dan pengkajian Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).
  7. Pembinaan keanggotaan DPP INKINDO Jabar atas kepatuhannya kepada pelaksanakan AD/ART yang murni dan konsekwen
  8. Melengkapi buku-buku refferensi organisasi terkait peraturan peraturan-peraturan perundangan tentang jasa konsultan

WAKIL KETUA III BIDANG KEANGGOTAAN

  1. PEMBENAHAN SISTEM KEANGGOTAAN (Komisi Keanggotaan)
  • Review dan pembenahan data dokumentasi lengkap keanggotaan
  • Identifikasi dan revisi status Keanggotan
  • Menyusun, simplifikasi dan sosialisasi prosedur keanggotaan
  • Pemanfaatan SIM berkomputer untuk pemberian layanan kepada anggota
  • Implementasi kode etik konsultan
  • Menjalankan Sistem Verifikasi untuk menuju Profesionalisasi INKINDO
  1. PENGUATAN KERJASAMA INKINDO (Komisi Kerjasama)
  • Menjalin kerjasama, hubungan baik dengan instansi terkait dengan layanan INKINDO
  • Kerjasama dengan Instansi pendukung kerja layanan INKINDO
  • Pembentukan Pusat Layanan – Dukungan Bantuan anggota INKINDO
  • Jasa Link and Match untuk tenaga kerja dan tenaga ahli yang diperlukan oleh anggota
  • Kerjasama Konsultan Internasional
  • Kerjasama dengan lembaga sertifikasi untuk kemudahan layanan Anggota
  1. PENGUATAN PERWAKILAN INKINDO (Komisi Perwakilan)
  • Identifikasi kebutuhan dan harapan anggota untuk INKINDO (Need Assessment)
  • Realisasi keterlibatan anggota, pemberdayaan Korda, dan kontribusi keterwakilan tingkat nasional
  • Meningkatkan keterwakilan organisasi Inkindo Jawa Barat di tingkat Nasional
  • Menyuuarakan kepentingan anggota INKINDO dalam pengembangan suasana kerja konsultan yang kondusif
  • Mensukseskan program kerja organisasi (Munas, MusProv dsb) dengan keterwakilan seluruh anggota yang optimal
  • Melakukan koordinasi dengan pelaksanaan perwakilan organisasi
  1. PENINGKATAN MANFAAT DAN FUNGSI INKINDO (Bidang Organisasi)
  • Mendeklarasikan Jabar (Bandung) sebagai “Kota Konsultan”
  • Menjajaki kemungkinan membuat “Taman Konsultan” sebagai penunjang taman tematik kota bandung
  • Mengoptimalkan kegiatan-kegiatan keorganisasian
  • Penguatan Organisasi Pendukung (Koperasi Kesejahteraan Anggota /Serba Usaha, Penguatan Badan Advokasi Dan Mediasi Inkindo)
  • Membantu pengembangan organisasi Anggota, dukungan SOP konsultan dan pengembangan ISO 9001 untuk Konsultan

WAKIL KETUA IV BIDANG DATA DAN INFORMASI

  1. Membina dan mengembangkan hubungan dengan pemerintah / dinas-dinas terkait baik tingkat provinsi maupun kota / kabupaten, terkait keberadaan mereka sebagai Pengguna Jasa / Pemilik Kegiatan, sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap fungsi dan peran Konsultan. Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisasikan anggapan yang tidak proporsional terhadap kinerja (fungsi dan peran) Konsultan.
  2. Mengadakan pelatihan / seminar / sosialisasi bagi anggota khususnya pada hal-hal baru yang akan diterapkan dalam kinerja Konsultan, sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan daya saing. (mis : Sosialisasi Peraturan / Kebijakan, pelatihan software bagi Tenaga Ahli Konsultan, dll).
  3. Memberikan fasilitas kepada anggota dalam penyampaian ide-ide yang timbul atau digagas oleh anggota kepada pemerintah dalam rangka upaya pemecahan masalah-masalah yang ada terutama dalam bidang non konstruksi. (mis: pengembangan kepariwisataan melalui penataan kota, reduksi kemacetaan lalu lintas dan pengembangan daerah potensial wisata). Hal ini bisa dilakukan melalui pertemuan-pertemuan / dialog formal maupun non formal antara INKINDO dengan pemerintah provinsi maupun kota / kabupaten.
  4. Memberikan informasi dan promosi tentang layanan jasa konsultansi kepada unsur perguruan tinggi (mahasiswa) sebagai upaya penjaringan bibit-bibit unggul tenaga konsutan yang handal. (mis: ikut serta dalam kegiatan Job Fair atau dengan mengadakan kegiatan seminar pengenalan / promosi jasa konsultansi kepada perguruan tinggi / mahasiswa )
  5. Memberikan penyegaran kepada anggota terkait Jasa Konsultansi Bidang Non Konstruksi meliputi bidang dan lingkup layanan serta peluang-peluang pekerjaannya dan fasilitasi kemudahan kepada anggota dalam proses sertifikasinya.

WAKIL KETUA V BIDANG JASA KONSULTANSI KONSTRUKSI

  • Membantu Ketua dalam melakukan koordinasi dan kerjasama yang serasi diantara sesama Pengurus, dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya.
  • Mewakili Ketua berdasarkan Bidang tugasnya, atas petunjuk Ketua dan bilamana Ketua berhalangan melaksanakan tugasnya.
  • Menyusun Program Kerja yang berhubungan dengan Bidang tugasnya, dibantu dan bekerjasama dengan Komite dibawahnya
  • Menginventarisasi tantangan yang dihadapi Usaha Jasa Konsultansi khususnya Bidang Konstruksi
  • Meningkatkan kemampuan dan daya saing Anggota khususnya Usaha Jasa Konsultansi Bidang Konstruksi
  • Membina Hubungan Kerja sama dengan Asosiasi Profesi yang relevan dengan Usaha Jasa Konsultansi Bidang Konstruksi
  • Melakukan koordinasi dengan para Wakil Ketua lainnya dalam rangka pelaksanaan Program Kerjanya.
  • Mewakili DPP di DPN untuk hal-hal yang terkait dengan hubungan Luar Negeri
  • Melaporkan aktivitas kegiatannya secara berkala, serta bertanggung jawab atas Bidang tugasnya kepada Ketua.
  • Membantu Wakil Ketua pada pelaksanaan tugasnya sesuai Bidang Kedisiplinannya
  • Mewakili Wakil Ketua berdasarkan Bidang Kedisplinannya, atas petunjuk Wakil Ketua dan Bilaman Wakil Ketua berhalangan melaksanakan tugasnya.
  • Menbantu Wakil Ketua menyusun Program Kerja yang berhubungan dengan Bidang Kedisiplinannya
  • Melakukan koordinasi dengan para Komite lainnya dalam rangka pelasanaan Program Kerjanya
  • Melaporkan aktivitas kegiatannya secara berkala, serta bertanggung jawab atas Bidang tugasnya kepada Wakil Ketua

WAKIL KETUA VI BIDANG JASA KONSULTANSI NON KONSTRUKSI

  • Membina dan mengembangkan hubungan dengan pemerintah / dinas-dinas terkait baik tingkat provinsi maupun kota / kabupaten, terkait keberadaan mereka sebagai Pengguna Jasa / Pemilik Kegiatan, sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap fungsi dan peran Konsultan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisasikan anggapan yang tidak proporsional terhadap kinerja (fungsi dan peran) Konsultan.

  • Mengadakan pelatihan / seminar / sosialisasi bagi anggota khususnya pada hal-hal baru yang akan diterapkan dalam kinerja Konsultan, sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan daya saing. (mis : Sosialisasi Peraturan / Kebijakan, pelatihan software bagi Tenaga Ahli Konsultan, dll).
  • Memberikan fasilitas kepada anggota dalam penyampaian ide-ide yang timbul atau digagas oleh anggota kepada pemerintah dalam rangka upaya pemecahan masalah-masalah yang ada terutama dalam bidang non konstruksi. (mis: pengembangan kepariwisataan melalui penataan kota, reduksi kemacetaan lalu lintas dan pengembangan daerah potensial wisata)

Hal ini bisa dilakukan melalui pertemuan-pertemuan / dialog formal maupun non formal antara INKINDO dengan pemerintah provinsi maupun kota / kabup

  • Memberikan informasi dan promosi tentang layanan jasa konsultansi kepada unsur perguruan tinggi (mahasiswa) sebagai upaya penjaringan bibit-bibit unggul tenaga konsutan yang handal. (mis: ikut serta dalam kegiatan Job Fair atau dengan mengadakan kegiatan seminar pengenalan / promosi jasa konsultansi kepada perguruan tinggi / mahasiswa )
  • Memberikan penyegaran kepada anggota terkait Jasa Konsultansi Bidang Non Konstruksi meliputi bidang dan lingkup layanan serta peluang-peluang pekerjaannya dan fasilitasi kemudahan kepada anggota dalam proses sertifikasinya.

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA I – VIII

Dewan Pengurus Provinsi INKINDO Jawa Barat

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA I BIDANG KERJASAMA

Program Kerja Bidang Kerjasama.

  • Penanggungjawab hubungan kerjasama pemerintah, lembaga non pemerintah,internal Inkindo, humas publikasi
  • Penanggungjawab kegiatan pada bidang kerjasama.
  • Penanggungjawab pada pengembangan usaha pada relasi hubungan kerjasama.

Komite Kerjasama Pemerintah.

  • Melakukan hubungan/jalinan yang erat dengan pemerintah baik pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota.
  • Melakukan mitra dengan pemerintah sehubungan dengan pengembangan usaha dan layanan Inkindo.
  • Memberikan advice kepada pemerintah sehubungan dengan pengembangan usaha dan penyediaan jasa konsultansi.
  • Mengupayakan citra Inkindo di pemerintah.

Komite Hubungan Kerjasama Antar Lembaga.

  • Meningkatkan hubungan kerjasama keprofesian dengan asosiasi-asosiasi profesi.
  • Menggalang komunikasi dengan Inkindo provinsi seluruh Indonesia.
  • Melakukan komunikasi dengan yang intens dengan LPJK.
  • Menjalin kerjasama dengan organisasi-organisasi yang lain.
  • Membangun kerjasama dengan kalangan industry.

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA II BIDANG KEPRANATAAN

Rencana kerja Wakil Ketua Bidang Kepranataan adalah merupakan kerangka kegiatan atau tugas yang direncanakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Organisasi INKINDO (khususnya di dalam koordinasi dan tugas yang diamanatkan) baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang, serta merupakan landasan bagi seluruh pengurus dalam menata kegiatan demi tercapainya tujuan organisasi INKINDO.

Dalam operasional jalannya organisasi, Wakil Ketua Bidang Kepranataan melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya bersama-sama dengan 2 Koordinator Pelaksana Yaitu:

  • Koordinator Pelaksana Bidang Kepranataan Internal
  • Koordinator Pelaksanan Bidang Kepranataan Eksternal

Dalam periode kepengurusan 2014-2018, Wakil Ketua II Bidang Kepranataan (Internal & eksternal) merencanakan program kerja sebagaimana diuraikan di bawah ini:

  1. Sosialisasi kepranataan Internal & eksternal jasa konsultansi
  2. Meningkatkan pengetahuan para pengurus dan kesekretariatan INKINDO dibidang kepranataan melalui penataran/konsultasi, secara periodic dan berkesinambungan.
  3. Meningkatkan kualitas SDM anggota INKINDO dibidang kepranataan melalui penyelenggaraan pendidikan/pelatihan
  4. Pembuatan Pusat data dan informasi kepranataan terkait jasa konsultansi (konstruksi/non-konstruksi)
  5. Kajian regulasi baru terkait jasa konsultansi (PP, Kepmen, Permen, atau peraturan perudangan konstruksi dan non-konstruksi lainnya)
  6. Sosialisasi dan pengkajian Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).
  7. Pembinaan keanggotaan DPP INKINDO Jabar atas kepatuhannya kepada pelaksanakan AD/ART yang murni dan konsekwen
  8. Melengkapi buku-buku refferensi organisasi terkait peraturan peraturan-peraturan perundangan tentang jasa konsultan

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA III BIDANG KEANGGOTAAN

  1. PEMBENAHAN SISTEM KEANGGOTAAN (Komisi Keanggotaan)
  • Review dan pembenahan data dokumentasi lengkap keanggotaan
  • Identifikasi dan revisi status Keanggotan
  • Menyusun, simplifikasi dan sosialisasi prosedur keanggotaan
  • Pemanfaatan SIM berkomputer untuk pemberian layanan kepada anggota
  • Implementasi kode etik konsultan
  • Menjalankan Sistem Verifikasi untuk menuju Profesionalisasi INKINDO
  1. PENGUATAN KERJASAMA INKINDO (Komisi Kerjasama)
  • Menjalin kerjasama, hubungan baik dengan instansi terkait dengan layanan INKINDO
  • Kerjasama dengan Instansi pendukung kerja layanan INKINDO
  • Pembentukan Pusat Layanan – Dukungan Bantuan anggota INKINDO
  • Jasa Link and Match untuk tenaga kerja dan tenaga ahli yang diperlukan oleh anggota
  • Kerjasama Konsultan Internasional
  • Kerjasama dengan lembaga sertifikasi untuk kemudahan layanan Anggota

 

  1. PENGUATAN PERWAKILAN INKINDO (Komisi Perwakilan)
  • Identifikasi kebutuhan dan harapan anggota untuk INKINDO (Need Assessment)
  • Realisasi keterlibatan anggota, pemberdayaan Korda, dan kontribusi keterwakilan tingkat nasional
  • Meningkatkan keterwakilan organisasi Inkindo Jawa Barat di tingkat Nasional
  • Menyuuarakan kepentingan anggota INKINDO dalam pengembangan suasana kerja konsultan yang kondusif
  • Mensukseskan program kerja organisasi (Munas, MusProv dsb) dengan keterwakilan seluruh anggota yang optimal
  • Melakukan koordinasi dengan pelaksanaan perwakilan organisasi

 

  1. PENINGKATAN MANFAAT DAN FUNGSI INKINDO (Bidang Organisasi)
  • Mendeklarasikan Jabar (Bandung) sebagai “Kota Konsultan”
  • Menjajaki kemungkinan membuat “Taman Konsultan” sebagai penunjang taman tematik kota bandung
  • Mengoptimalkan kegiatan-kegiatan keorganisasian
  • Penguatan Organisasi Pendukung (Koperasi Kesejahteraan Anggota /Serba Usaha, Penguatan Badan Advokasi Dan Mediasi Inkindo)
  • Membantu pengembangan organisasi Anggota, dukungan SOP konsultan dan pengembangan ISO 9001 untuk Konsultan

 

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA IV BIDANG DATA DAN INFORMASI

  1. Membina dan mengembangkan hubungan dengan pemerintah / dinas-dinas terkait baik tingkat provinsi maupun kota / kabupaten, terkait keberadaan mereka sebagai Pengguna Jasa / Pemilik Kegiatan, sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap fungsi dan peran Konsultan. Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisasikan anggapan yang tidak proporsional terhadap kinerja (fungsi dan peran) Konsultan.
  2. Mengadakan pelatihan / seminar / sosialisasi bagi anggota khususnya pada hal-hal baru yang akan diterapkan dalam kinerja Konsultan, sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan daya saing. (mis : Sosialisasi Peraturan / Kebijakan, pelatihan software bagi Tenaga Ahli Konsultan, dll).
  3. Memberikan fasilitas kepada anggota dalam penyampaian ide-ide yang timbul atau digagas oleh anggota kepada pemerintah dalam rangka upaya pemecahan masalah-masalah yang ada terutama dalam bidang non konstruksi. (mis: pengembangan kepariwisataan melalui penataan kota, reduksi kemacetaan lalu lintas dan pengembangan daerah potensial wisata). Hal ini bisa dilakukan melalui pertemuan-pertemuan / dialog formal maupun non formal antara INKINDO dengan pemerintah provinsi maupun kota / kabupaten.
  4. Memberikan informasi dan promosi tentang layanan jasa konsultansi kepada unsur perguruan tinggi (mahasiswa) sebagai upaya penjaringan bibit-bibit unggul tenaga konsutan yang handal. (mis: ikut serta dalam kegiatan Job Fair atau dengan mengadakan kegiatan seminar pengenalan / promosi jasa konsultansi kepada perguruan tinggi / mahasiswa )
  5. Memberikan penyegaran kepada anggota terkait Jasa Konsultansi Bidang Non Konstruksi meliputi bidang dan lingkup layanan serta peluang-peluang pekerjaannya dan fasilitasi kemudahan kepada anggota dalam proses sertifikasinya.

 

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA V BIDANG JASA KONSULTANSI KONSTRUKSI

  • Membantu Ketua dalam melakukan koordinasi dan kerjasama yang serasi diantara sesama Pengurus, dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya.
  • Mewakili Ketua berdasarkan Bidang tugasnya, atas petunjuk Ketua dan bilamana Ketua berhalangan melaksanakan tugasnya.
  • Menyusun Program Kerja yang berhubungan dengan Bidang tugasnya, dibantu dan bekerjasama dengan Komite dibawahnya
  • Menginventarisasi tantangan yang dihadapi Usaha Jasa Konsultansi khususnya Bidang Konstruksi
  • Meningkatkan kemampuan dan daya saing Anggota khususnya Usaha Jasa Konsultansi Bidang Konstruksi
  • Membina Hubungan Kerja sama dengan Asosiasi Profesi yang relevan dengan Usaha Jasa Konsultansi Bidang Konstruksi
  • Melakukan koordinasi dengan para Wakil Ketua lainnya dalam rangka pelaksanaan Program Kerjanya.
  • Mewakili DPP di DPN untuk hal-hal yang terkait dengan hubungan Luar Negeri
  • Melaporkan aktivitas kegiatannya secara berkala, serta bertanggung jawab atas Bidang tugasnya kepada Ketua.
  • Membantu Wakil Ketua pada pelaksanaan tugasnya sesuai Bidang Kedisiplinannya
  • Mewakili Wakil Ketua berdasarkan Bidang Kedisplinannya, atas petunjuk Wakil Ketua dan Bilaman Wakil Ketua berhalangan melaksanakan tugasnya.
  • Menbantu Wakil Ketua menyusun Program Kerja yang berhubungan dengan Bidang Kedisiplinannya
  • Melakukan koordinasi dengan para Komite lainnya dalam rangka pelasanaan Program Kerjanya
  • Melaporkan aktivitas kegiatannya secara berkala, serta bertanggung jawab atas Bidang tugasnya kepada Wakil Ketua

PROGRAM KERJA WAKIL KETUA VI BIDANG JASA KONSULTANSI NON KONSTRUKSI

  • Membina dan mengembangkan hubungan dengan pemerintah / dinas-dinas terkait baik tingkat provinsi maupun kota / kabupaten, terkait keberadaan mereka sebagai Pengguna Jasa / Pemilik Kegiatan, sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap fungsi dan peran Konsultan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisasikan anggapan yang tidak proporsional terhadap kinerja (fungsi dan peran) Konsultan.

  • Mengadakan pelatihan / seminar / sosialisasi bagi anggota khususnya pada hal-hal baru yang akan diterapkan dalam kinerja Konsultan, sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan daya saing. (mis : Sosialisasi Peraturan / Kebijakan, pelatihan software bagi Tenaga Ahli Konsultan, dll).
  • Memberikan fasilitas kepada anggota dalam penyampaian ide-ide yang timbul atau digagas oleh anggota kepada pemerintah dalam rangka upaya pemecahan masalah-masalah yang ada terutama dalam bidang non konstruksi. (mis: pengembangan kepariwisataan melalui penataan kota, reduksi kemacetaan lalu lintas dan pengembangan daerah potensial wisata)

Hal ini bisa dilakukan melalui pertemuan-pertemuan / dialog formal maupun non formal antara INKINDO dengan pemerintah provinsi maupun kota / kabup

  • Memberikan informasi dan promosi tentang layanan jasa konsultansi kepada unsur perguruan tinggi (mahasiswa) sebagai upaya penjaringan bibit-bibit unggul tenaga konsutan yang handal. (mis: ikut serta dalam kegiatan Job Fair atau dengan mengadakan kegiatan seminar pengenalan / promosi jasa konsultansi kepada perguruan tinggi / mahasiswa )
  • Memberikan penyegaran kepada anggota terkait Jasa Konsultansi Bidang Non Konstruksi meliputi bidang dan lingkup layanan serta peluang-peluang pekerjaannya dan fasilitasi kemudahan kepada anggota dalam proses sertifikasinya.

Lingkup Pelayanan Jasa Konsultasi

Klasifikasi Bidang Layanan Jasa Konstruksi


Klasifikasi Bidang Layanan Jasa Non Konstruksi